Novotel Semarang
20 Oktober 2015
Tips cara mengatasi resiko rental mobil
16 Desember 2015

Cara usaha rental mobil

Berikut ada 7 cara untuk usaha rental mobil semarang :

Pertama, pastikan bahwa minat Anda di bidang rental mobil memang cukup besar. Hal ini penting dan sangat mendasar, sebab tanpa minat yang cukup, sebuah bisnis akan terasa sebagai beban bagi pelakunya. Sehingga, dalam aktivitas sehari-hari nanti, Anda akan kekurangan motivasi. Anda merasa tidak ubahnya bagai seorang karyawan yang “terpaksa” bekerja di bidang yang tidak disukai sehingga menghambat cara anda men-jadi pengusaha. Akibatnya, ide-ide kreatif yang vital bagi se­orang pebisnis, jadi tidak pernah muncul. Kejadian seperti ini sering terjadi pada orang-orang yang membuka usaha se­cara ikut-ikutan, karena melihat pihak lain sukses.

 

Kedua, pelajari peta bisnisnya. Dalam upaya/cara men-jadi pengusaha Anda harus mencari informasi sebanyak-ba- nyaknya tentang dunia rental mobil. Berapa besar pangsa pasarnya,demografinya, tren selera konsumen saat ini, siapa saja yang sekarang menjadi pemimpin pasar dan bagaimana mereka bisa meraih sukses.
Ketiga, cari cara dan temukan celah-celah peluang di tengah-tengah rimba raya bisnis rental mobil periode terakhir. Kalau Anda ingin jadi pengusaha dan sudah mempelajari peta bisnisnya dengan seksama, hal ini akan tidak sukar. Anda akan tahu relung-relung pasar yang masih terbuka untuk digarap. Untuk lebih sistematis menggebrak pasar, Anda bisa berpegang pada beberapa sudut pan- dang sektoral. Misalnya dengan melihat kesempatan berdasarkan “positioning” bisnis, segmen pasar yang akan dibidik dan lain sebagainya.
Keempat, setelah menemukan celah bisnisnya, tiba saat untuk memikirkan ba­gaimana memberikan nilai tambah yang ‘unik’ kepada para pelanggan Anda. usahakan bahwa ‘nilai tambah’ itu berupa se- suatu yang “Anda banget’.’yang sekaligus sulit untuk dijiplak oleh pesaing. lebih-lebih kalau pesaing itu adalah pemain lama yang sudah mapan. Sebagai contoh, kalau saat ini kebanyakan rental masih meng- garap para klien secara sendiri-sendiri, coba Anda bangun klub keanggotaan dari rental Anda.di mana para pelanggan bisa mendapatkan berbagai kemudah- an dan keuntungan. Tentu masih 1001 macam lagi jenis nilai tambah yang Anda bisa ciptakan.Nah.di sini kelihatan bahwa kreativitas seorang pelaku usaha sangat menentukan daya saing.
Kelima, “start small!” Bila Anda baru bisa memulai bisnis rental dengan dua mobil saja, itu justru lebih baik Anda bisa meminimalkan risiko di saat-saat awal usaha. Setiap jenis usaha baru,seyogianya dimulai dengan skala relatif kecil. Hal ini juga dimaksudkan untuk masa familiari- sasi kita terhadap seluk beluk bisnis yang sedang kitajalankan.Secara bertahap.bila tidak terjadi masalah berarti, Anda bisa mengembangkan usaha tersebut dengan hati-hati. Anda tidak perlu melakukan in- vestasi sendirian. Untuk rental mobil, Anda bisa mencari partner-partner, antara lain mereka yang memiliki kelebihan mobil di rumahnya yang tidak efektif, untuk di- bisniskan melalui usaha rental Anda. Atau mereka yang memiliki kelebihan uang, tapi tidak puas memanfaatkannya melalui bunga bank Yang perlu dicamkan adalah bahwa orang-orang semacam itu banyak, dan merekalah calon-calon mitra Anda.
Keenam, ciptakan sistem yang handal. Sebuah perusahaan yang sukses, bisa dipastikan memiliki sistem yang baik dan profesional.Termasuk sistem pemasaran- nya.Sistem yang demikian akan menjamin kelancaran roda operasional perusahaan, memberikan kenyamanan dan keamanan pada pelanggannya.serta yang pasti akan memberikan keuntungan bagi pemilik usaha sekaligus kesejahteraan bagi para karyawannya. Dengan semua pihak mera- sakan kesenangan, tidak perlu diragukan lagi bahwa perusahaan demikian akan cepat maju.
Ketujuh, bersiaplah untuk jatuh-bangun. Jangan pernah bermimpi bahwa sebuah usaha akan bisa dengan mudah mencapai kesuksesan begitu saja. Selalu diperlukan kesediaan pelakunya untuk berkorban, baik tenaga, pikiran, biaya, dan juga perasaan.Tanpa itu semua, kemungkinan terbesar yang akan terjadi adalah usaha Anda akan layu sebelum berkembang. Nah, itu saja dari saya. Selamat berjuang dan semoga sukses…!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *